Tips berhemat ala anak kost

No Comments
Kamu anak kost? Atau calon anak kost? Kali ini KM akan berbagi sedikit tips dan trik buat kalian semua anak kost atau calon anak kost.



1. Berhemat pengeluaran untuk mencuci pakaian
Cuci pakaian sendiri merupakan cara efektif untuk berhemat, apalagi ketika memasuki fase "tanggal tua".
Ada trik lain buat kamu yang ketika "tanggal tua" dan tidak ada lembaran lagi di dompetmu, yaitu dengan cara nebeng cuci. Ya, kamu bisa minta tolong sama temen kost kamar sebelah kamu (ketika  temen kamu mau ke laundry) untuk nebeng pakain kamu. Berikan dia beberapa helai pakaian, bisa 2 - 3 pakaian, agar tidak terlalu membebani biayanya. Jangan terlalu banyak, karena selain tidak akan diterima, temen kamu pasti bakalan minta uang tambahan untuk biayanya.

2.  Tentukan Aturan Makan Sehari-hari
Kamu bisa tentukan waktu-waktu tertentu untuk makanan tertentu. Misalnya, tanggal 1-10 kamu tentuin untuk makan makanan yang sedikit mahal dan berkelas, tanggal 11-20 kamu tentukan untuk makan makanan warteg, dan tanggal 21 sampai akhir bulan kamu makan mie instan. Intinya, kamu bikin alokasi uang makan kamu dalam waktu sebulan. Alokasinya bisa kamu tentuin sendiri, sesuai keuangan kamu dalam waktu sebulan.

3. Hemat dalam Penggunaan Listrik
Jangan pake peralatan elektronik yang boros listrik. Kamu bisa pake peralatan yang hemat listrik, otomatis kamu juga bisa menghemat pengeluaran uang buat bayar listrik.
Ada trik cemerlang lagi, kamu bisa numpang nge-charge hape kamu di kamar kost temen kamu (kamu bisa pura-pura main atau mengajak ngerjain tugas bareng). Kamu bisa pake trik ini kalo lagi gerah kepanasan (numpang kipasan) atau juga numpang nonton tv. Tapi perlu diingat, trik ini hanya efektif digunakan untuk sesekali waktu. Temen kamu bisa curiga ngeliat kamu tiap hari dikamarnya.

4. Nahan Kebelet

*gambar tidak ada

Ini tips yang absurd banget sih, tapi bisa aja kamu coba. Dengan kamu menahan kebelet (buang air misalnya) kamu bisa tetap kenyang dalam beberapa waktu. Dengan kamu tetep kenyang, kamu tidak perlu makan karena belum lapar. Ingat, jangan lakukan ini dalam waktu yang lama, nanti malah endingnya kamu jadi sakit.


Ya begitu Sob, beberapa tips dan trik buat kalian anak kost atau calon anak kost. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment